Staff Logistik

Staff Logistik

Staff Logistik

Pengertian Staff Logistik

Staff logistik adalah suatu profesi yang bertanggung jawab dalam melakukan manajemen, planning, organizing, actuating, controlling barang-barang logistik dengan baik.

Secara umum, ada 3 tanggung jawab dari Staff logistik, yaitu:

  • Menjalankan SOP
  • Menjalankan instruksi kerja yang telah ditetapkan
  • Menyusun laporan bulanan logistik yang akan dilaporkan kepada atasan

Dalam struktur organisasi perusahaan, jabatan ini berada di bawah naungan seorang manajer Logistik atau supervisor Logistik.

Kualifikasi Staff Logistik

Kualifikasi yang dibutuhkan oleh seseorang agar dapat mengisi posisi staff logistik di perusahaan adalah sebagai berikut:

  • Teliti, tekun, sabar adalah hal-hal yang harus dimiliki oleh seseorang yang bekerja di Logistik, karena mereka harus selalu berkecimpung dengan barang-barang logistik yang harus disusun dengan baik.
  • Memiliki latar belakang pendidikan SMA atau sederajat, terkadang ada perusahaan yang meminta pendidikan minimum D3 atau S1.
  • Ada perusahaan yang meminta kandidat yang sudah memiliki pengalaman bekerja dan ada pula yang mau menerima fresh graduate.
  • Memiliki keahlian khusus, seperti bidang komputer

Jobdesc Dan Tanggung Jawab Staff Logistik

Nah, apa saja tugas dan tanggung jawab staff logistik dalam perusahaan? Berikut adalah tugas dan tanggung jawab staff logistik:

  • Menerbitkan order lines dari setiap pengiriman barang berdasarkan rencana pengiriman barang yang sudah ditentukan sebelumnya.

Staff logistik bertanggung jawab penuh atas pengiriman barang agar bisa sampai ke pelanggan.

Oleh karena itu staff logistik bertugas juga menyusun dan mengatur rencana pengiriman barang yang baik, sesuai dengan surat perintah murah yang sudah diterima dari pihak pengirim.

Sangat disarankan staff logistik bisa menyusun rencana pengiriman yang efekttif dan efisien sehingga hal ini akan membuat perusahaan lebih produktif.

Memastikan setiap urgensi pengiriman barang.

Dengan begitu staff logistik bisa memuat barang ke angkutan barang sesuai dengan prioritas dan urutan pesanan pelanggan.

mengelola bukti serah terima barang kepada pihak perusahaan dengan cepat dan tepat.

Staff logistik wajib menerima bukti serah terima barang dari pihak penerima, sehingga itu akan menjadi informasi valid kepada pihak perusahaan.

Bukti serah terima barang ini nantinya akan digunakan perusahaan sebagai syarat penagihan uang kepada pelanggan yang sudah menerima barang tersebut.

Dari semua tugas dan tanggung jawab tadi staff logistik akan membuahkan hasil kerja berupa laporan service lever distribusi bulanan yang nantinya dilaporkan kepada pihak perusahaan.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Staff Logistik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel