Apakah itu Merchandiser dan tugasnya
Wednesday, June 5, 2019
Add Comment
Apakah itu Merchandiser ?
- Kata Merchandiser merupakan istilah yang sering digunakan untuk menyebut suatu profesi kerja di lingkup toko ritel atau retail, seperti : Indomart, Alfamart, Giant, Carrefour, Hypermart.
Pengertian Merchandiser
- Merchandiser adalah orang yang tugasnya terkait dengan merchandising.
- Merchandising merupakan setiap kegiatan yang berkaitan dengan proses penjualan produk merchandise.
Ada pula yang mengartikannya dengan definisi berikut :
- MD atau Merchandiser Display adalah salah satu bagian dari tim promosi yang bertugas mendisplay atau memajang produk di etalase toko dengan baik dan menarik.
- MD (Merchandiser) adalah pihak yang melakukan proses perancangan permintaan barang ke beberapa toko dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan di area toko yang ditentukan.
Latar Belakang
Produk yang tertata rapi di etalase selain enak dipandang juga akan meningkatkan penjualan, jika produk tersebut ditata sedemikian rupa maka akan mudah dijangkau dan ditemukan oleh pembeli.
Ilustrasi Merchandiser Display :
Tugas dan tanggung jawab seorang Merchandiser (MD)
- Memajang, mendisplay, merapikan dan menata produk
- Menjaga kebersihan produk yang dipajang
- Menjalankan semua progam promosi perusahaan
- Membantu menjaga stok produk dan memperlebar shelving di etalase toko
- Membuat hasil laporan yang ditentukan oleh perusahaan
- Menjalankan tugas kunjungan ke toko sesuai dengan rencana kerja
- Memberikan informasi tentang produk baru
Kualifikasi yang dibutuhkan untuk menjadi Merchandiser Display (MD)
- Pendidikan minimal yang dibutuhkan adalah tergantung yang diminta oleh Perusahaan,namun umumnya cukup diperlukan minimal pendidikan setara SMU
- Memiliki kendaraan roda dua sendiri
- Mampu berkomunikasi dengan baik
- Mengetahui dan menguasai area kerja
- Rajin, ulet, cekatan, agresif, kreatif dan insiatif
- Rapih dalam berpakaian dan berpenampilan
- Sebagai bagian dari team promosi pabrik, MD walaupun kerja di distributor tetapi secara hirarki berada dibawah koordinasi area supervisor Principal (pabrik). sedangkan secara pengajian biasanya dilewatkan agensi yang ditunjuk oleh perusahaan.
Jobdesc standar yang dilakukan oleh seorang MD (Merchandiser)
1. Greeting / Salam
Mengucapkan salam kepada karyawan toko
Memperkenalkan diri kepada Kepala Toko/Assisten Toko/Karyawan Toko
Menginformasikan kepada pihak toko mengenai Promo yang sedang berjalan
Minta izin untuk melakukan aktivitas kegiatan merchandiser
2. Walk In The Store / Inspeksi Toko
Cek Price Tag
Cek OOS (Out Of Stock)
Cek POB (Point Of Buying)
Cek POSM (Point Of Selling Material)
3. Storage Room Activity / Inspeksi Gudang
Meminta izin/bantuan kepada pihak toko untuk melakukan pemeriksaan Stock di gudang dan mengeluarkannya untuk di Display.
Mengambil stock untuk mengisi stock di dalam toko seperti (Rack Reguler, POB, Secondary Display) dengan catatan seizin dari pihak toko.
Melakukan FEFO (First Expired First Out)
4. Merchandising Activity / Kegiatan
Meakukan pemajangan semua produk di POB
Pastikan Price Tag terpasang pada setiap SKU
Pastikan Promo yang sedang berjalan memiliki POSM nya
Cek semua POB dan pastikan posisinya berada pada posisi Hot Zone dan High Traffic Area
Cek semua produk sesuai dengan Plannogram toko
Pastikan produk mudah dijangkau oleh konsumen
Promo yang sedang berjalan wajib untuk Secondary Display
5. Wrap Up / Review
Mengingatkan kembali pihak toko mengenai program promosi yang sedang berjalan
memastikan pihak store mengetahui informasi ter update mengenai produk
Merchandiser Toolkits / Peralatan yang biasa digunakan oleh Merchandiser
- Kata Merchandiser merupakan istilah yang sering digunakan untuk menyebut suatu profesi kerja di lingkup toko ritel atau retail, seperti : Indomart, Alfamart, Giant, Carrefour, Hypermart.
- Merchandiser seringkali disingkat dengan inisial MD.
Pengertian Merchandiser
- Merchandiser adalah orang yang tugasnya terkait dengan merchandising.
- Merchandising merupakan setiap kegiatan yang berkaitan dengan proses penjualan produk merchandise.
- Merchandise ialah berbagai macam produk yang dijual pada gerai, toko, tempat usaha, atau swalayan, produk yang akan dijual tersebut ditampilkan sedemikian rupa sehingga mampu menarik minat pengunjung toko untuk membelinya.
Ada pula yang mengartikannya dengan definisi berikut :
- MD atau Merchandiser Display adalah salah satu bagian dari tim promosi yang bertugas mendisplay atau memajang produk di etalase toko dengan baik dan menarik.
- MD (Merchandiser) adalah pihak yang melakukan proses perancangan permintaan barang ke beberapa toko dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan di area toko yang ditentukan.
Latar Belakang
Produk yang tertata rapi di etalase selain enak dipandang juga akan meningkatkan penjualan, jika produk tersebut ditata sedemikian rupa maka akan mudah dijangkau dan ditemukan oleh pembeli.
Inilah sebenarnya hal pokok yang melatar belakangi kenapa bagian merchandiser display(MD) itu ada.
Seringkali ketika pembeli pergi ke sebuah minimarket untuk membeli suatu produk tertentu tetapi ketika sampai disana, ia melihat pajangan produk lain yang tertata rapi, maka bisa jadi keinginannya akan berubah atau bertambah untuk membeli produk yang menarik tersebut.
Seringkali ketika pembeli pergi ke sebuah minimarket untuk membeli suatu produk tertentu tetapi ketika sampai disana, ia melihat pajangan produk lain yang tertata rapi, maka bisa jadi keinginannya akan berubah atau bertambah untuk membeli produk yang menarik tersebut.
Tugas Merchandiser Display tidak hanya bertugas di modern market tetapi juga di retail ataupun di pasar-pasar tradisional, kita akan bisa melihat pajangan shampo, deterjen, pelembut pakaian yang tertata rapi. Itulah beberapa contoh hasil kerja Merchandiser Display.
Selain itu tugas Merchandiser Display (MD) lainnya adalah memasang alat promosi produk seperti striker, spanduk, banner dan lain sebagainya sebagai bentuk promosi langsung untuk menunjang promosi produk yang telah dilakukan lewat iklan di TV, radio atau internet.
Selain itu tugas Merchandiser Display (MD) lainnya adalah memasang alat promosi produk seperti striker, spanduk, banner dan lain sebagainya sebagai bentuk promosi langsung untuk menunjang promosi produk yang telah dilakukan lewat iklan di TV, radio atau internet.
Ilustrasi Merchandiser Display :
sumber / source : highcoshelf .be
sumber / source : merchandiserconnection.com
sumber / source : youtube.com
Tugas dan tanggung jawab seorang Merchandiser (MD)
- Memajang, mendisplay, merapikan dan menata produk
- Menjaga kebersihan produk yang dipajang
- Menjalankan semua progam promosi perusahaan
- Membantu menjaga stok produk dan memperlebar shelving di etalase toko
- Membuat hasil laporan yang ditentukan oleh perusahaan
- Menjalankan tugas kunjungan ke toko sesuai dengan rencana kerja
- Memberikan informasi tentang produk baru
Kualifikasi yang dibutuhkan untuk menjadi Merchandiser Display (MD)
- Pendidikan minimal yang dibutuhkan adalah tergantung yang diminta oleh Perusahaan,namun umumnya cukup diperlukan minimal pendidikan setara SMU
- Memiliki kendaraan roda dua sendiri
- Mampu berkomunikasi dengan baik
- Mengetahui dan menguasai area kerja
- Rajin, ulet, cekatan, agresif, kreatif dan insiatif
- Rapih dalam berpakaian dan berpenampilan
- Sebagai bagian dari team promosi pabrik, MD walaupun kerja di distributor tetapi secara hirarki berada dibawah koordinasi area supervisor Principal (pabrik). sedangkan secara pengajian biasanya dilewatkan agensi yang ditunjuk oleh perusahaan.
Jobdesc standar yang dilakukan oleh seorang MD (Merchandiser)
1. Greeting / Salam
Mengucapkan salam kepada karyawan toko
Memperkenalkan diri kepada Kepala Toko/Assisten Toko/Karyawan Toko
Menginformasikan kepada pihak toko mengenai Promo yang sedang berjalan
Minta izin untuk melakukan aktivitas kegiatan merchandiser
2. Walk In The Store / Inspeksi Toko
Cek Price Tag
Cek OOS (Out Of Stock)
Cek POB (Point Of Buying)
Cek POSM (Point Of Selling Material)
3. Storage Room Activity / Inspeksi Gudang
Meminta izin/bantuan kepada pihak toko untuk melakukan pemeriksaan Stock di gudang dan mengeluarkannya untuk di Display.
Mengambil stock untuk mengisi stock di dalam toko seperti (Rack Reguler, POB, Secondary Display) dengan catatan seizin dari pihak toko.
Melakukan FEFO (First Expired First Out)
4. Merchandising Activity / Kegiatan
Meakukan pemajangan semua produk di POB
Pastikan Price Tag terpasang pada setiap SKU
Pastikan Promo yang sedang berjalan memiliki POSM nya
Cek semua POB dan pastikan posisinya berada pada posisi Hot Zone dan High Traffic Area
Cek semua produk sesuai dengan Plannogram toko
Pastikan produk mudah dijangkau oleh konsumen
Promo yang sedang berjalan wajib untuk Secondary Display
5. Wrap Up / Review
Mengingatkan kembali pihak toko mengenai program promosi yang sedang berjalan
memastikan pihak store mengetahui informasi ter update mengenai produk
Merchandiser Toolkits / Peralatan yang biasa digunakan oleh Merchandiser
- Buletin Promo
- Produk Informasi (NPD)
- Iternary (Schedule)
- MSL (Must Stock List)
- Surat Tugas
- Absen Stempel Toko
- POP (Point Of Price) & POSM (Point Of Selling Material)
- Alat Tulis
- Seragam & ID Card
0 Response to "Apakah itu Merchandiser dan tugasnya"
Post a Comment