Profesi Kerja Digital Marketing

Profesi Kerja Digital Marketing

Digital Marketing adalah salah satu profesi kerja di bidang pemasaran dengan menggunakan platform digital.

Profesi Kerja Digital Marketing

Pengertian Digital Marketing

Digital marketer bertanggung jawab atas branding produk yang dihasilkan perusahaan.

Dalam membangun brand awareness dan berkomunikasi dengan konsumen, seorang digital marketer menggunakan channel-channel digital seperti :

  • e-mail, 
  • website, 
  • media sosial,
  • dan lainnya.

Karena pemanfaatan teknologi digital dalam dunia pemasaran diyakini dapat menjangkau konsumen lebih maksimal.

Untuk menjadi seorang digital marketer diperlukan teknik tertentu, khususnya yang terkait dengan :

  • search engine optimization (SEO), 
  • search engine marketing (SEM), 
  • content marketing, 
  • e-mail marketing, 
  • video marketing, 
  • social media ads, 
  • media sosial sebagai sarana pemasaran,
  • dan lainnya.

Seorang praktisi digital marketing harus mampu membaca sasaran iklan dengan tepat, dan memanfaatkan setiap data yang diperoleh untuk pengembangan penjualan yang lebih baik.

Profesi sebagai digital marketing akan sangat menjanjikan di masa yang akan datang.

Hal ini lantaran kebutuhan teknologi yang meningkat sehingga perusahaan dituntut untuk memiliki tim marketing yang handal.

Salah satu tantangan yang dihadapi seorang praktisi digital marketing adalah bagaimana meyakinkan pimpinan perusahaan untuk menggeser pola marketing dari konvensional ke channel digital.

Saat ini juga banyak tersedia training atau kursus bagi yang ingin mendalami profesi digital marketing, untuk menjadi seseorang digital marketer profesional.

Peran dan Tanggung Jawab Digital Marketing

Bertanggung jawab atas semua hal yang berhubungan sama pemasaran dan branding produk perusahaan di masyarakat secara digital.

Berikut rinciannya :

  • Menyusun perencanaan untuk promosi sebuah produk melalui channel digital.
  • Membuat konsep campaign marketing di channel-channel digital secara keseluruhan.
  • Membuat konsep dan merancang distribusi content campaign marketing di media sosial.
  • Memelihara dan meningkatkan engagement pelanggan produk melalui penyampaian content di media sosial.
  • Mengoptimasi dan meningkatkan peringkat laman perusahaan dan produk-produk yang dihasilkan dalam search engine.

Pengetahuan dan Keahlian Digital Marketing

Berikut adalah beberapa Pengetahuan dan Keahlian secara umum, yang dibutuhkan untuk profesi kerja digital marketing :

  • Kemampuan berpikir strategis
  • Kemampuan riset pasar
  • Pemahaman SEO/SEM
  • Penguasaan alat analisis situs
  • Penguasaan bahasa asing
  • Keterampilan komunikasi

Jenjang Karier Digital Marketing

Dalam perkembangan dunia digital saat ini, potensi pertumbuhan karier di bidang digital marketing ke depannya sangat baik.

Pada posisi terbawah biasanya dimulai dari digital marketing officer, kemudian meningkat sampai bisa ke posisi digital marketing executive, hingga digital marketing manager.

Jurusan Terkait Digital Marketing

Jika  ingin berkarier pada profesi ini, maka ilmu yang harus dikuasai adalah:

  • Sistem Informasi,
  • Teknik Informatika,
  • Manajemen,
  • Bisnis,
  • Ilmu Komunikasi,
  • Ilmu Komputer.

Demikian artikel mengenai profesi kerja Digital Marketing.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Profesi Kerja Digital Marketing"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel