Profesi Kerja Brand Ambassador

Profesi Kerja Brand Ambassador

Apa itu brand ambassador?

Secara singkat, brand ambassador adalah seseorang yang punya peran besar bagi brand dan marketing perusahaan.

Meskipun tidak dianggap sebagai karyawan, setiap perusahaan tetap berlomba-lomba untuk mendapatkan brand ambassador terbaik.

Pasalnya, kebutuhan akan brand ambassador terus berkembang seiring dengan banyaknya pengguna media sosial.

Brand ambassador adalah seseorang yang mempromosikan brand dan produknya ke jaringan mereka dengan tujuan meningkatkan brand awareness dan mendorong penjualan.

Saat ini profesi seorang brand ambassador biasanya dijalani oleh publik figur, seperti misalnya idol K-Pop pada gambar dibawah ini.

Profesi Kerja Brand Ambassador
Idol tersebut merupakan salah satu figur yang memiliki Profesi Kerja Brand Ambassador, yang memperoleh bayaran endorse termahal saat ini.

Pengertian Brand Ambassador

Dulu, word-of-mouth marketing atau teknik marketing dari mulut-ke-mulut sudah cukup mendukung pemasaran perusahaan.

Namun, kini word-of-mouth marketing sudah memiliki modifikasi bentuk yang baru.

Seiring berkembangnya bisnis di media sosial, teknik word-of-mouth marketing mulai memasuki era brand ambassador.

Apa itu brand ambassador?

Definisi dari EveryoneSocial :

  • brand ambassador adalah seseorang yang mempromosikan brand dan produknya ke jaringan mereka dengan tujuan meningkatkan brand awareness dan mendorong penjualan.

Sedangkan pengertian menurut Referral Rock :

  • brand ambassador adalah seseorang yang mencintai brand-mu, ingin brand-mu sukses, dan benar-benar menggunakan produkmu.
  • Jika perusahaan memilih brand ambassador tersebut, mereka akan mempromosikan brand-mu secara terus-menerus sesuai waktu yang telah ditentukan.
  • Secara garis besar, mereka harus setuju dan memilih brand-mu, baik secara online maupun offline.
  • Jadi ketika di media sosial, acara, pertunjukan, dan sebagainya, mereka harus selalu memilih brand-mu daripada brand kompetitor.

Biasanya, brand ambassador adalah seseorang yang terkenal, seperti aktor, musisi, dan figur publik.

Dengan begitu, pesan dari brand-mu akan tersebar dengan luas dengan jaringan mereka yang luas pula.

Namun, terkenal saja tidak cukup. Brand ambassador akan menjadi ‘wajah’ sebuah brand.

Oleh karena itu, mereka juga harus bisa menyampaikan berbagai hal yang terkait dengan produk, jasa, dan brand-mu.

Tugas dan Tanggung Jawab Brand Ambassador

Setelah mengetahui apa itu brand ambassador, berikut beberapa tugas dan tanggung jawab utamanya :

  • Memahami visi dan misi perusahaan.
  • Mewakili brand secara positif dalam berbagai bentuk.
  • Membantu pembuatan konten, seperti menulis artikel blog, review, dan caption.
  • Berpartisipasi dalam event marketing.
  • Bekerja bersama tim sales dan marketing untuk mengonsepkan strategi campaign.
  • Membangun brand awareness melalui word-of-mouth marketing.
  • Membangun opini positif tentang brand di jaringannya.
  • Memberikan insight dan saran tentang produk atau jasa baru.
  • Mempromosikan brand melalui akun media sosial pribadinya.
  • Menjaga hubungan baik dengan vendor atau orang yang menjual produk atau layanan perusahaannya.
  • Memonitor feedback dari konsumen dan komplain ke departemen marketing perusahaan.

Bisa kamu pahami bahwa tugas dan tanggung jawab seorang brand ambassador tidaklah mudah.

Brand ambassador menjadi ‘wajah’ dan citra utama sebuah brand.

Biasanya, tanggung jawab tersebut dibuat dalam kontrak dengan jangka waktu yang cukup panjang. 

Jadi, mereka harus benar-benar menjaga diri untuk menggambarkan nilai-nilai yang dianut oleh perusahaan tersebut.

Manfaat Brand Ambassador

Menjaga reputasi

Reputasi sebuah brand bisa saja naik dan turun, tergantung situasi apa yang sedang terjadi.

Sebagai contoh, jika media memberitakan hal yang kurang baik tentang brand-mu, reputasi perusahaanmu bisa saja jatuh.

Namun, brand ambassador bisa menjadi seseorang yang mengangkat reputasi itu kembali.

Brand ambassador memiliki banyak pengikut yang percaya kepada mereka.

Mendekatkan brand pada customer

Mendekatkan brand pada customer bukanlah hal yang mudah.

Dikutip dari Keyhole, 63% orang lebih percaya pada apa yang disampaikan oleh influencer atau brand ambassador daripada apa yang dikatakan oleh brand itu sendiri.

Di sinilah peran besar seorang brand ambassador. Mereka harus bisa menjadi jembatan penghubung antara brand dengan masyarakat.

Memberikan review baik

Manfaat brand ambassador berikutnya adalah memberikan review yang baik.

Setiap orang bisa saja memberi review di media sosial. Namun, review buruk tentu saja tidak bisa dihindari.

Meski demikian, seorang brand ambassador harus tetap memberikan review yang baik dan jujur kepada pengikutnya.

Hal ini biasanya sudah menjadi perjanjian antara brand ambassador dengan brand itu sendiri.

Meningkatkan citra brand

Jika ada yang bertanya apa itu brand ambassador, jawaban sederhananya adalah seseorang yang menjadi citra sebuah brand.

Seorang brand ambassador harus mampu membangun citra brand yang baik. Seperti yang telah Glints sampaikan di atas, brand ambassador adalah wajah sebuah brand.

Maka, mereka harus menjaga citra tersebut baik-baik.

Gaji Brand Ambassador

Lalu, berapa, sih, rata-rata pendapatan seorang brand ambassador?

Jawabannya adalah beragam.

Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan seperti profil diri, kredibilitas seorang ambassador, dan reputasinya.

Selain itu, mengutip dari Repsly, bagaimana cara perusahaan membayar gaji brand ambassador pun beragam.

Ada yang berbentuk gaji per bulan, per jam kerja, hingga komisi.

Namun jika dirata-rata, gaji yang didapatkan seorang brand ambassador di Indonesia per bulan berada di kisaran Rp3 juta-Rp5 juta.

Tentu saja, angkanya dapat meningkat jika sang brand ambassador memiliki popularitas tinggi.

Brand Ambassador Vs. Influencer

Banyak orang menyamakan brand ambassador dan influencer. Memang, keduanya bisa termasuk dalam strategi influencer marketing. 

Keduanya juga memiliki prinsip yang serupa, yaitu berkolaborasi dengan figur publik untuk mempromosikan brand, produk, atau jasamu.

Namun, sebenarnya ada hal yang membedakan brand ambassador dengan influencer.

Menurut Keyhole, influencer biasanya bertanggung jawab pada satu campaign. Ketika campaign tersebut selesai, kolaborasi mereka dengan brand tersebut pun selesai.

Mereka bisa saja berkolaborasi lagi di kemudian hari. Namun, mereka tidak terikat langsung dengan brand tersebut.

Sementara itu, brand ambassador adalah mereka yang menyetujui kolaborasi dalam jangka panjang. Selain itu, mereka juga telah setuju untuk menjadi ‘wajah’ sebuah brand.

Kesimpulannya, brand ambassador adalah seorang influencer. Namun, influencer tidak selalu menjadi brand ambassador.

Dengan perannya yang besar, banyak perusahaan mengandalkan brand ambassador dalam pertumbuhan brand-nya.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Profesi Kerja Brand Ambassador"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel