Profesi Kerja Data Analyst

Profesi Kerja Data Analyst

Data Analyst adalah profesi kerja dengan tugas untuk melakukan analisis dan riset data sehingga dapat menghasilkan kesimpulan demi mendukung pengambilan keputusan dalam bisnis

Data Analyst adalah sebuah profesi yang membutuhkan keahlian khusus.

Saat ini, permintaan tenaga kerja bertalenta teknologi digital, seperti Data Analyst diproyeksikan meningkat terutama di startup.

Profesi akan dibutuhkan perusahaan untuk meningkatkan kinerja bisnisnya dalam digitalisasi.

Jobs Descriptions  Profesi Kerja Data Analyst

Apa Saja Jobs Desk Data Analyst?

Data Analyst mengambil peran pekerjaan yang berhubungan dengan semua jenis data termasuk angka penjualan, margin keuntungan, riset pasar, inventaris, serta biaya logistik dan transportasi.

Berdasarkan data yang ada, Data Analyst memproyeksikan harga produk, pangsa pasar, waktu penjualan, dan prakiraan lain yang akan membantu bisnis perusahaan.

Secara keseluruhan, pekerjaan Data Analyst berkaitan dengan masalah teknis perusahaan yang mesti dijawab dengan data. Mereka melakukan pengumpulan data, analisis data, dan melaporkan hasil tersebut.

Tugas Data Analyst

1. Menganalisis Data

Seperti namanya, tugas Data Analyst yang utama adalah menganalisis data. Sebelum menganalisis, data dikumpulkan terlebih dahulu. Analisis data dilakukan dengan teknik statistik. Kemudian mereka melakukan pelaporan perihal data tersebut.

2. Mengembangkan Sistem Database

Database adalah sekumpulan data yang tersimpan secara sistematis dan terintegrasi. Manfaat database salah satunya menghindari redudansi data. Data Analyst bertugas mengembangkan dan mengimplementasikan sistem database.

3. Menerima dan Memelihara Data

Data Analyst memperoleh berbagai jenis data, termasuk data sekunder dan data primer. Peran ini bertanggung jawab penuh terhadap pemeliharaan data perusahaan yang diperolehnya. Mereka juga melakukan penyaringan dan pembersihan data untuk pengoptimalan database.

4. Merencanakan Prioritas Kebutuhan Bisnis dan Informasi

Data Analyst bekerja sama dengan manajemen untuk menentukan prioritas kebutuhan bisnis dan informasi. Melalui analisis datanya, mereka menafsirkan tren atau pola dalam kumpulan data yang kompleks.

Persyaratan Profesi Kerja Data Analyst

Pengalaman kerja sebagai Data Analyst seringkali menjadi persyaratan dalam melamar pekerjaan ini.

Data Analyst umumnya adalah lulusan Matematika, Ekonomi, Ilmu Komputer, Manajemen Informasi atau Statistik.

Mereka dinilai mahir dalam menganalisis data, menulis laporan, dan mempresentasikan temuan data.

Keahlian teknis mengenai model data, pengembangan desain basis data, penambangan data, dan teknik segmentasi menjadi persyaratan wajib untuk bisa menjadi Data Analyst.

Beberapa keahlian non-teknis juga diperlukan untuk bisa melakukan peran ini dengan baik.

Skill Profesi Kerja Data Analyst

Hard Skill Data analyst

Keahlian teknis seorang Data Analyst meliputi pengembangan sistem database (SQL) dan menguasai bahasa pemrograman (Phyton, XML, Javascript, atau ETL frameworks). Data Analyst juga harus memiliki pengetahuan dan pengalaman menganalisis kumpulan data melalui paket statistik (Excel, SPSS, dan SAS). Hard skill lain yang harus dimiliki adalah kemampuan mengoperasikan Adobe Campaign untuk mengirimkan campaign antar jaringan.

Soft Skill Data Analyst

Keahlian non-teknis yang harus dimiliki seorang Data Analyst adalah kemampuan untuk mengumpulkan, mengolah, menganalisis, dan mendistribusikan sejumlah informasi secara detail dan akurat.

Dengan kata lain, Data Analyst dituntut menjadi orang yang berorientasi pada detail dan akurasi. Cara berpikir yang logis dan metodis juga berperan dalam membantu peran mereka dalam menganalisis data secara rapi. Data Analyst bekerja sama dengan berbagai pihak, oleh karena itu mereka dituntut dapat bekerja sama dengan baik.

Gaji Profesi Kerja Data Analyst

Gaji Data Analyst di Indonesia menurut Indeed adalah sebesar Rp 4,616,559 per bulan.

Salary Explorer menyebutkan bahwa rata-rata gaji Data Analyst di Indonesia berkisar Rp 11.000.000 per bulan.

Dengan gaji terendah yang diperoleh sebesar Rp 5.190.000 per bulan, sedangkan gaji tertingginya mencapai Rp 17.400.000 per bulan.

Berapa gaji Data Analyst berdasarkan pengalaman kerja yang dimiliki? Gaji Data Analyst pemula dengan pengalaman antara 0 hingga 2 tahun berkisar Rp 5.980.000 per bulan.

Gaji ini lebih tinggi dengan rata rata gaji UI/UX designer di Indonesia yang berkisar di angka Rp 5.090.000

Lalu bagaimana dengan gaji Senior Data Analyst? Data Analyst senior memperoleh bayaran lebih dari 10 juta per bulan.

Lowongan Kerja Data Analsyt

Tertarik menjadi Data Analyst? Temukan berbagai lowongan Kerja nya.

Berikut contoh lowongan kerja Data Analyst :

Profesi Kerja Data Analyst

Profesi Kerja Data Analyst


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to " Profesi Kerja Data Analyst"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel