Profesi Kerja Tax Accountant

Profesi Kerja Tax Accountant

Profesi Kerja Tax Accountant adalah salah satu pekerjaan profesional di bidang perpajakan dan akuntansi.

Profesi Kerja Tax Accountant

Setiap perusahaan membutuhkan jasa akuntan pajak (tax accountant), yang bertujuan untuk memastikan bahwa mereka tidak kelebihan atau kurang bayar saat membayar pajak. 

Seperti kebanyakan profesional pajak, tax accountant bekerja dengan klien untuk menghasilkan dokumen pajak yang sesuai dengan peraturan dan hukum yang berlaku.

Peran dan Tugas Tax Accountant

Apa tugas tax accountant?

Secara umum tax accountant adalah orang yang memberikan layanan manajemen pajak kepada klien.

Tax accountant biasanya sangat sibuk pada saat tenggat waktu pembayaran pajak.

Tanggung jawab tugas mereka meliputi:

Memeriksa Laporan Keuangan

Tax accountant adalah orang profesional yang menyiapkan dan mengelola laporan keuangan perusahaan. Mereka akan meninjau semua laporan keuangan yang relevan untuk mendapatkan wawasan paling akurat tentang keuangan perusahaan. Di samping itu, mereka harus memastikan semua materi dalam laporan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Menghitung Pajak

Tugas utama tax accountant adalah menyiapkan pembayaran pajak dan melacak pengembalian pajak perusahaan. Mereka mempersiapkan seluruh dokumen yang dibutuhkan untuk melengkapi pembayaran dan pengembalian pajak. Dengan tugas ini, tax accountant membantu perusahaan menghindari penalti karena tenggat waktu yang terlewat. Selain itu, tax accountant juga memperkirakan pajak untuk manajer tingkat senior di perusahaan.

Mengatur Database Pajak Perusahaan 

Seorang tax accountant juga membantu perusahaan untuk mengatur dan mengupdate database pajak perusahaan. Mereka menyimpan informasi keuangan perusahaan di direktori yang terstruktur sehingga mereka dapat mengaksesnya dengan mudah sewaktu diperlukan. 

Membantu Perencanaan Anggaran

Tax accountant membantu perusahaan dalam perencanaan keuangan. Mereka mengidentifikasi penghematan pajak dan menyarankan cara untuk meningkatkan profitabilitas.

Tentunya, strategi pajak yang direkomendasikan harus selaras dengan sasaran bisnis perusahaan.

Dalam melakukan tugas ini, tax accountant akan berhubungan dengan auditor internal dan eksternal. 

Meninjau Sistem Akuntansi

Salah satu tanggung jawab tax accountant adalah meninjau sistem akuntansi perusahaan. Peninjauan sistem dilakukan secara teratur dan membuat pembaruan dan peningkatan jika diperlukan.

Hal ini bertujuan untuk memastikan sistem akuntansi perusahaan berjalan seefektif dan seefisien mungkin. Melakukannya memungkinkan tax accountant untuk memperbaiki masalah atau kesalahan apa pun. 

Gaji Profesi Kerja Tax Accountant

Berapa gaji seorang Tax Accountant?

Mengutip Salary Explorer, seseorang yang bekerja sebagai tax accountant di Indonesia biasanya berpenghasilan sekitar Rp 8.180.000 per bulan.

Gaji berkisar dari Rp 4.330.000 (terendah) hingga Rp 12.400.000 (tertinggi).

Berdasarkan tingkat pengalaman, gaji rata-rata tax accountant di tingkat junior adalah Rp4.980.000 per bulan.

Sedangkan tax accountant tingkat senior dengan pengalaman lebih dari sepuluh tahun berkisar Rp 10.100.000 per bulan.

Kualifikasi dan Persyaratan Tax Accountant

Untuk melamar posisi tax accountant umumnya dibutuhkan gelar di bidang akuntansi, keuangan, atau bidang lain yang relevan seperti administrasi bisnis dan bisnis.

Sertifikasi Certified Public Accountants (CPA) dan Certified Management Accountants (CMA) menjadi nilai tambah dalam peran ini.

Pengetahuan tentang prosedur akuntansi dan pembukuan menjadi kebutuhan seorang tax accountant. Mereka juga harus memiliki keakraban dengan perangkat lunak akuntansi seperti Accurate, Xero, dan Fresh Books. Selain itu, pengoperasian microsoft excel dan perhitungan matematika yang kuat sangat penting.

Di samping itu, soft skill yang dibutuhkan tax accountant adalah keterampilan analitis, manajemen waktu yang sangat baik, dan perhatian yang tajam terhadap detail. Keterampilan dalam mengatasi masalah secara metodis dan pikiran yang terorganisir juga membantu kesuksesan tax accountant. 

Lowongan Kerja Tax Accountant

Berikut adalah berbagai contoh Lowongan Kerja untuk Profesi Tax Accountant :

https://www.linkedin.com/jobs/view/3421640035

https://www.linkedin.com/jobs/view/3406444666

https://www.linkedin.com/jobs/view/3400589891


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Profesi Kerja Tax Accountant"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel