Profesi Kerja Copywriter

 Apakah itu Copywriter ?

Di era digital masa kini, pekerjaan seagai penulis menjadi memiliki banyak varian. Salah satunya adalah profesi kerja seagai Copywriter.

Pekerjaan ini banyak sekali diutuhkan oleh perusahaan atau industri, baik itu perusahaan rintisan (startup) atau perusahaan besar yang berskala multinasional.

Oleh karena itu, pada artikel ini temukan-lowongan-kerja.blogspot.com akan membahas mengenai apa itu copywriter dan apa saja cakupan kerjanya.

gambar : wordpixels.id


Definisi Copywriter

Copywriter adalah profesi menulis teks yang memiliki tujuan untuk mempromosikan atau juga memasarkan produk atau jasa yang ada dari pelanggan atau perusahaan di tempatnya bekerja.

Akhir-akhir ini, profesi Copywriter semakin marak diperbincangkan dan menjadi populer.

Hal ini disebabkan karena perkembangan bisnis yang semaikin maju seiring peningkatan era perkembangan teknologi yang pesat.

Mayoritas perusahaan atau brand yang ada sudah mulai menyadari pentingnya adanya Copywriter untuk memperkuat tim media mereka, baik online maupun offline.

Copy adalah suatu karya yang dihasilkan oleh seorang copywriter.

Tulisan yang dimuat atau dipublikasikan biasanya berupa informasi, manfaat serta kelebihan suatu produk atau jasa yang membuat brand tampak bernilai.

Copy ini juga bisa diartikan sebagai naskah yang isinya memiliki sifat persuasif, untuk mendorong adanya perubahan pandangan atau kepercayaan dari pembacanya.

Oleh karena itu ini berarti bahwa copy yang bagus merupakan copy yang berhasil membujuk pembacanya.

Apa yang dibujuk? yaitu agar pembaca mau mengambil keputusan untuk membeli atau menggunakan produk atau jasa yang dipasarkan tersebut dan menjadi pelanggan setianya.

Apa perbedaan Copywriting dan Content Writing?

Copywritting dan content writing merupakan dua hal berbeda yang kerap dianggap sama.

Berikut ini adalah beberapa perbedaannya:

Content Writing

Content Writing merupakan proses membuat konten atau pesan yang memiliki nilai untuk disampaikan kepada pembacanya.

Tujuannya bisa jadi banyak namun intinya adalah yang terkait bisnis semacam pemasaran, komersil, dan lain sebagainya.

Seringnya, penulisan konten ini dipakai untuk menarik berbagai pelanggan potensial atau calon customer untuk memahami mengenai  produk atau jasa yang ditawarkan.

Ada berbagai jenis karya Content Writing seperti :

  • blogpost
  • artikel
  • berita
  • siaran pers
  • dan lain sebagainya

Content Writing Lebih ditujukan untuk Pemasaran Kontennya

Menulis konten di sini berarti menghasilkan konten yang bisa memasarkan produk atau jasa secara maksimal.

Penjelasan sederhananya, proses menulis konten ini bisa membantu untuk melakukan pemasaran produk atau jasa dari suatu brand.

Konten yang bagus dan baik adalah yang mampu menjangkau pembaca sesuai target serta mencapai tujuannya yaitu penjualan produk maupun jasa.

Copywriting

Copywriting ini menjadi bahan pengolahan yang bisa mensukseskan content writing.

Jadi, copywriting bisa juga disebut sebagai jenis teknik dalam content writing.

Copywriting juga merupakan pembuatan konten yang menarik dan mempunyai nilai sehingga bisa mempromosikan suatu brand.

Dalam hal ini menjadi berbeda dengan content writing karena kita tak harus mengubah perilaku pembaca, tetapi setidaknya membuat mereka memahami dan berminat terhadap brand.

Pada beberapa waktu atau masa yang lalu, mungkin copywriting ini tidak menjadi profesi tersendiri karena digabungkan dengan departemen atau divisi periklanan.

Namun kini, profesinya sudah dipisahkan untuk dapat lebih fokus dalam meningkatkan keterlibatan pemirsa dan mendukung tujuan utama content writing yaitu penjualan.

SEO copywriting

Ada pula istilah SEO copywriting yang berkembang sekarang ini karena bertambahnya pembaca online.

SEO copywriting ini sendiri berarti proses pembuatan copy yang punya tingkat visibilitas tinggi di mesin telusur semacam Google.

Copywriting Lebih ditujukan untuk Branding

Copy atau salinan yang dibuat harus punya alasan branding (pencitraan merek/brand).

Jadi salinan yang dibuat itu bisa dibilang sukses besar kalau nilai brand-nya bertambah atau meningkat menjadi semakin tampak baik dan bagus.

Pencitraan merek ini juga berarti suatu usaha untuk kasih tahu audiens Anda soal mengapa brand Anda penting dan bernilai.

Sama saja seperti menulis suatu konten, salinan atau copy juga perlu menarik perhatian banyak orang.

Namun dengan copywriting ini sebenarnya hasilnya harus lebih maju dibanding content writing, karena teknik ini menjadi pemicu agi setiap orang untuk mengubah sikap hingga akhirnya mau bertransaksi.

Tips Copywriting

Berikut adalah beberapa tips dalam menulis konten yang bagus untuk membantu mencapai tujuan pembuatan konten :

  • Tulislah konten dengan proses yang benar yaitu adakan tujuan, bentuk struktur, kembangkan kerangka tersebut dan tambahkan kreatifitas.
  • Inti dari konten itu sendiri haruslah menjadi suatu pengalaman yang kaya bagi pembaca baik itu membaca, menonton atau mendengar dan juga berpikir.
  • Sampaikan konten dengan langsung dan jelas
  • Perkuat argumen dengan data dan fakta
  • Bangun kepercayaan audiens dengan menjadi diri sendiri dan tidak berusaha meniru cara penyampaian dari brand lain
  • Jika membuat suatu pernyataan soal brand, gunakanlah bahasa yang jelas dan mudah dipahami. Ini membantu pembaca untuk merasa terhubung dalam waktu cepat.
  • Jika ada kebutuhan untuk menguraikan pesannya, coba kasih penjelasan mendetail.
  • Jangan sekali-kali berasumsi orang bisa memahami brand dengan sendirinya tapi juga jangan membuat pembaca merasa bodoh.

Demikian artikel dari temukan-lowongan-kerja.blogspot.com mengenai Profesi Kerja Copywriter.

Mohon saran dari pembaca untuk kelengkapan isi artikel ini, silahkan saran tersebut dapat disampaikan melalui kolom komentar.


Baca artikel Profesi Kerja lain :

Management Trainee

Lab Anayst

KOL Specialist

Leader Produksi

Apa itu Profesi Kerja Golang Programmer

Pengertian Profesi Kerja Afdeling

Profesi Kerja Copywriter

Mengenal Profesi Kerja Typesetter

pengertian profesi refraksionis optisien

Apakah itu Merchandiser dan tugasnya

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Profesi Kerja Copywriter "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel